pentingnya aplikasi sales tracking berbasis mobile bagi perusahaan FMCG

Pentingnya Aplikasi Sales Tracking berbasis Mobile bagi Perusahaan FMCG

Di era digital saat ini, tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran mobile phone sangat mempermudah manusia dalam tugas dan pekerjaan sehari-hari. Bagi Perusahaan yang bergerak dalam bidang FMCG, penggunaan mobile phone juga dapat memberikan dampak penjualan yang signifikan bagi Perusahaan dengan menggunakan aplikasi Sales Tracking berbasis mobile.

Berikut alasan pentingnya aplikasi Sales Tracking berbasis Mobile bagi Perusahaan FMCG:

  1. Meningkatkan kinerja tim Sales

Sales lapangan membutuhkan data produk yang berisi harga, keterangan produk, hingga skema penjualan produk untuk memasarkan produknya. Jika data produk ini disediakan oleh Kantor Pusat, maka Sales lapangan hanya perlu fokus pada tugasnya yaitu Penjualan. Kantor pusat juga bisa memberikan pemberitahuan terkait promosi yang berlangsung, katalog produk yang akan dilaunching ke aplikasi mobile Sales. Hal ini dapat membantu Sales untuk mendapatkan feedback dari pasar bahkan sebelum produk dilaunching.

  1. Mengurangi ketergantungan pada Distributor

Saat ini kebanyakan Perusahaan FMCG bergantung penuh kepada distributor untuk memasarkan produknya. Dengan menggunakan aplikasi Sales Tracking, Perusahaan FMCG yang diwakili oleh Sales lapangan bisa langsung berhubungan dengan retailer untuk memasarkan produk.

  1. Terhubung langsung ke Outlet/ Retailer

Saat ini, hampir tidak mungkin bagi Perusahaan memiliki kontak dari outlet/ retail untuk melakukan penjualan produk. Dengan menggunakan aplikasi Sales Tracking, Perusahaan dapat langsung terhubung ke outlet/ retail melalui tim Sales lapangan yang melakukan penjualan.

  1. Mengumpulkan data penjualan 

Aplikasi Sales Tracking membantu Perusahaan FMCG untuk mendapatkan data penjualan. Data ini dapat digunakan oleh Sales Manager untuk menentukan strategi penjualan produk ke pasar dan bisa mendapatkan feedback dari pasar secara langsung.

  1. Data penjualan sekunder

Data penjualan sekunder diperlukan bagi Perusahaan untuk memperkirakan permintaan pasar. Saat ini distributor melakukan pemesanan produk ke perusahaan FMCG setelah menerima order dari outlet/ retailer. Dengan menggunakan aplikasi Sales Tracking, perusahaan FMCG dapat mengetahui permintaan pasar bahkan sebelum distributor melakukan order produk.

  1. Cross selling dan up selling

Perusahaan dapat menggunakan data penjualan sekunder untuk melakukan cross selling dan up selling produk ke outlet/ retail. Hal ini sangat penting dalam menghadapi pasar yang kompetitif.

  1. Memperluas peluang pasar

Aplikasi Sales Tracking memudahkan untuk memperluas peluang pasar. Kantor pusat dapat memonitor aktifitas Sales lapangan dengan mudah sehingga berdampak terhadap penjualan Perusahaan.

  1. Melacak kegiatan Merchandising

Merchandising menjadi sangat penting dalam penjualan karena Perusahaan harus memastikan bahwa produk yang dipajang di outlet/ retail sudah tepat dan memastikan jumlah stok yang tersedia. Dengan menggunakan aplikasi Sales Tracking, maka merchandising dapat dengan mudah dilacak dan dikelola dengan mengambil foto dari aplikasi sales tracking yang berbasis mobile oleh Sales lapangan.

  1. Mengetahui stok yang ada di Distributor/ Outlet/ Retailer

Sales lapangan dapat dengan mudah melakukan pengecekan stok produk yang ada di distributor, outlet, atau retailer lainnya dengan menggunakan aplikasi sales tracking. Hal ini sangat membantu Perusahaan untuk tetap dapat menjaga persediaan produk secara berkala.

  1. Analisis kebutuhan pasar

Sales lapangan dapat dengan mudah melakukan survey pasar dengan menggunakan aplikasi sales tracking berbasis mobile. Hasil dari survey ini dapat dimanfaatkan oleh Perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisa kebutuhan serta kondisi pasar.

Berdasarkan 10 alasan diatas yang menjelaskan betapa pentingnya Aplikasi Sales Tracking berbasis mobile bagi Perusahaan FMCG, maka CODE.ID sebagai perusahaan software development service berupaya untuk membantu Perusahaan FMCG untuk mencapai hal tersebut dengan membuat suatu aplikasi untuk Sales Tracking berbasis mobile yaitu Goodsales – Sales Tracking System.

Untuk informasi lebih lanjut terkait aplikasi Goodsales – Sales Tracking System dapat menghubungi (021) 2933 9528 atau email ke hello@goodsales.co.id

Scroll to top
%d bloggers like this: